Monday 2 June 2014

Tehnik penjualan melalui iklan online (Advertising Online)

TEHNIK PENJUALAN MELALUI IKLAN ONLINE (Advertising Online)

1.      Pengertian Perdagangan Online (Bisnis Online) dan Iklan Online (Online Advertsing)
Perdagangan elektronik (e- commerce) merupakan transaksi dagang yang di lahkukan secara online dalam suatu jaringan komputer yang tertata dalam data base antara pihak penyedia produk dengan pihak yang membutuhkan produk.  Bisnis adalah suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh kelompok maupun individu, untuk mendapatkan laba/keuntungan dengan cara memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Sedangkan kata Online menurut kamus adalah suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan komputer yang dapat diakses melalui jaringan komputer lainnya. E- commerce mengizinkan anda untuk menjual produk-produk secara online. Salah satu yang mulai di gemari oleh para konsumen dalam mencari produk-produk yang di inginkan adalah Iklan online. Seiring perkembangan teknologi, Pola hidup Masyarakat juga mengalami perubahan, Apalagi setelah adanya internet. Kalau sebelumnya orang mencari berita hanya lewat majalah, Koran, Radio atau televisi, Dewasa ini tidak sedikit orang mencari berita atau info melalui jaringan internet. Karena semakin banyaknya orang yang menggunakan jaringan internet, Ini berpengaruh besar terhadap pola dan strategi periklanan atau promosi. Sering kita menemukan iklan pada web atau dalam bentuk lain saat pengguna jaringan internet  inilah yang disebut Iklan online atau Online Advertising.
Iklan online atau Online Advertising adalah: Info atau pesan yang disampaikan kepada khalayak umum dengan tujuan untuk mengenalkan, Mengajak, Membujuk agar khalayak umum atau Masyarakat ikut pada suatu ajakan tertentu yang terpasang dan bisa terlihat pada jaringan internet. Info atau pesan bisa berupa produk, Perusahaan atau gagasan. iklan online adalah cara mempromosikan sebuah produk di Internet dengan menggunakan berbagai fitur Internet. Dengan kedatangan internet, dunia bisnis telah menjadi digital dan orang lebih suka membeli barang-barang secara online, yang lebih mudah dan lebih cepat. Iklan online atau dikenal sebagai e-iklan memberikan dimensi baru dan daya tarik yang unik untuk produk, yang merupakan keuntungan tambahan.

2.      Manfaat Iklan Online dalam Bisnis
Manfaat iklan yang terbesar adalah membawa pesan yang ingin disampaikan oleh produsen kepada khalayak ramai. Nilai ekonomis suatu iklan sangat tergantung pada daya jangkau media yang digunakan. Iklan membantu produsen menimbulkan kepercayaan bagi konsumennya. Manfaat utama dari Pasang Iklan online lebih dari bisnis offline adalah keuntungan moneter, yang tidak dapat diperoleh secara lokal. Hal ini menyebabkan kemajuan besar dalam bisnis, yang merupakan tujuan akhir dari setiap pengusaha. iklan Online menawarkan spektrum yang luas dari pengakuan, yang tak tertandingi untuk setiap modus lain dari iklan.

Yang pertama manfaat dari iklan diinternet adalah si pembuat iklan yang websitenya akan di optimasi akan kebanjiraan banyak pengunjung, selain itu iklan diinternet juga nyaman. Selain itu biaya iklan diinternet lebih efektif dan lebih murah dibandingkan membuat iklan dimedia cetak.
Berkat adanya iklan diinternet, kita  mendapatkan jangkuan pelanggan di seluruh dunia dalam waktu yang sebentar. Manfaatkan iklan internet untuk memberikan perusahaan visibilitas yang besar serta meningkatkan pendapatan bisnis Anda. Iklan online tidak memiliki keterbatasan waktu. iklan Online mengurangi biaya transaksi dan memberikan kontribusi terhadap laba perusahaan dan aman dalam persaingan terhadap pemasaran internasional. Pemilik jauh lebih puas karena bisnis aman lebih bermanfaat dan dapat diandalkan.

3.      Tehnik Menjaring Pembeli melalui Iklan Online.
Iklan Online memberikan respon langsung, sehingga menguntungkan baik bagi konsumen dan penjual. Banner iklan menggambarkan dalam bentuk gambar dan sering dilihat di situs lalu lintas tinggi dan juga memberikan hyperlink kembali ke situs pengiklan. Harga bervariasi sesuai dengan jumlah iklan yang ditampilkan. Sponsor iklan lebih besar kemudian banner iklan dan mengandung cukup banyak teks dan ditempatkan pada ezines atau newsletter online. Harga bervariasi sesuai dengan jumlah pembaca newsletter.
Layanan dari badan iklan online telah membuat mereka untuk menjalankan kampanye dengan cara yang efektif dan lebih layak. Hal ini juga membantu para pemasar untuk mengawasi kinerja kampanye iklan, yang tidak mungkin dalam jenis media lainnya. Hal ini memungkinkan mereka untuk memodifikasi kampanye dengan menganalisis data sehingga menargetkan pelanggan. Agen iklan online menjamin jangkauan yang luas para penonton melalui server iklan pusat karena menggunakan jaringan iklan online. Ada beberapa cara mempromosikan barang yang akan di perjualbelikan melalui iklan online anatara lain:
a)      Melalui iklan baris di website.
Kita bisa menggunakan media iklan baik yang berbayar maupun gratis untuk memasang banner/iklan baris di alamat-alamat di bawah ini,
- www.iklanbaris.co.id
- www.bekas.com
- www.forumiklan.com
- www.pondokiklan.com
- www.iklanbarisplus.com
- www.webiklan.com
- www.iklanwebid.com
- www.iklanhouse.com
- dll.

b)      Melalui blog/website.
Jika kita sudah memiliki blog/website, bisa menuliskan artikel tentang produk kita dapat menyisipkan link URL untuk mengenalkan produk,  juga bisa menampilkan baner (gambar) di blog/website kita sendiri.
c)      Melalui Google Adwords atau PPC Lokal
Cara ini bisa digunakan jika kita sudah expert dalam hal internet marketing, tapi tidak ada salahnya jika mencoba untuk bermain di pasar lokal. Cara ini diperlukan biaya untuk bisa melakukan promosi. Tapi jika kita sudah paham betul tentang internet marketing maka cara inilah yang sangat kami rekomendasikan. Beberapa perusahaan dibawah ini cukup membantu dalam mendatangkan pengunjung yang tertarget. Dan berikut ini adalah nama-nama perusahaan penyedia layanan promosi PPC lokal:
·         www.kliksaya.com
·         www.ppcindo.com
·         www.kumpulblogger.com/advertiser.php?mn=advertiser
·         www.adsentra.com
·         www.adsensecamp.com
·         www.google.com/adwords
Kita hanya perlu melakukan proses pendaftaran dan pembayaran sekali ketika menggunakan media diatas. Yang membuat nyaman ialah kegiatan promosi menggunakan iklan berbayar bisa dikerjakan tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama di rumah maupun. Karena ketika menggunakan adwords/PPC Lokal hanya proses di awalnya saja yang membutuhkan waktu. Setelah berjalan, tinggal memonitor saja iklan-iklan yang dipasang di google adwords/PPC Lokal dan ini hanya membutuhkan waktu 15-30 menit setiap harinya.

4.      Analisa SWOT bisnis online melalui iklan online.
·         Strength (kelebihan /kekuatan)
a)      Iklan online ini sangat mudah diakses dalam hal mendaftar,menjual ataupun membeli.
b)      Gampang ditemukan di search engine (memiliki page rank yang tinggi).
c)      Tampilan dan toolbar mudah dipahami mulai dari kategori sampai keterangan-keterangan yang lain.
d)      Lebih mudah dalam memperomosikan barang yang di perjualbelikan.
e)      Iklan online tidak memiliki keterbatasan waktu. Iklan Online mengurangi biaya transaksi dan memberikan kontribusi terhadap laba perusahaan dan aman dalam persaingan terhadap pemasaran internasional. Pemilik jauh lebih puas karena bisnis aman lebih bermanfaat dan dapat diandalkan.
f)       iklan Online memberikan respon langsung, sehingga menguntungkan baik bagi konsumen dan penjual.
·         Weaknes (kelemahan)
a)      Iklan online rawan penipuan,
b)      Terkadang banyak pelanggan yang pura pura membeli atau sengaja memesan tetapi tidak jadi membeli.
c)      Adanya sebagian orang yang masih awam dengan iklan online.
·         Opportunities (peluang)
a)      Membangun loyalitas konsumen
b)      Mengingatkan manfaat dari produk atau jasa yang ditawarkan
c)      Membangun dan mempertahankan identitas perusahaan
d)      Meningkatkan reputasi perusahaan
e)      Mendorong konsumen untuk membeli lebih banyak
f)       Menarik konsumen baru untuk mengganti konsumen yang hilang
g)      Membantu meningkatkan penjualan Mempromosikan dan memperkenalkan bisnis ke konsumen, investor, dan pihak-pihak lainnya.
·         Threat (Ancaman)
Adanya iklan lain yang menjual barang dagangan yang sama dengan barang yang kita perjualbelikan.

5.      Penutup
Iklan online atau Online Advertising adalah: Info atau pesan yang disampaikan kepada khalayak umum dengan tujuan untuk mengenalkan, Mengajak, Membujuk agar khalayak umum atau masyarakat ikut pada suatu ajakan tertentu yang terpasang dan bisa terlihat pada jaringan internet. Info atau pesan bisa berupa produk, Perusahaan atau gagasan. Manfaat iklan yang terbesar adalah membawa pesan yang ingin disampaikan oleh produsen kepada khalayak ramai. Nilai ekonomis suatu iklan sangat tergantung pada daya jangkau media yang digunakan. Iklan membantu produsen menimbulkan kepercayaan bagi konsumennya.
Manfaat dari iklan diinternet adalah si pembuat iklan yang websitenya akan di optimasi akan kebanjiraan banyak pengunjung, selain itu iklan diinternet juga nyaman. Selain itu biaya iklan diinternet lebih efektif dan lebih murah dibandingkan membuat iklan dimedia cetak. Berkat adanya iklan diinternet, kita  mendapatkan jangkuan pelanggan di seluruh dunia dalam waktu yang sebentar. Manfaatkan iklan internet untuk memberikan perusahaan visibilitas yang besar serta meningkatkan pendapatan bisnis Anda. Iklan online tidak memiliki keterbatasan waktu. iklan Online mengurangi biaya transaksi dan memberikan kontribusi terhadap laba perusahaan dan aman dalam persaingan terhadap pemasaran internasional.
Ada beberapa cara mempromosikan barang yang akan di perjualbelikan melalui iklan online anatara lain: Melalui iklan baris di website, melalui blog maupun melalui Melalui Google Adwords atau PPC Lokal. Iklan online merupakan cara yang eektif dalam mempromosikan barang/jasa untuk di ketahui khalayak ramai dengan biyaya yang murah.




0 comments:

Post a Comment