TEHNIK
PENJUALAN MELALUI IKLAN ONLINE (Advertising
Online)
1.
Pengertian
Perdagangan Online (Bisnis Online)
dan Iklan Online (Online Advertsing)
Perdagangan elektronik (e- commerce) merupakan transaksi dagang
yang di lahkukan secara online dalam suatu jaringan komputer yang tertata dalam
data base antara pihak penyedia produk dengan pihak yang membutuhkan produk. Bisnis adalah suatu usaha atau aktivitas yang
dilakukan oleh kelompok maupun individu, untuk mendapatkan laba/keuntungan
dengan cara memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan
konsumennya. Sedangkan kata Online menurut kamus adalah suatu kegiatan yang
terhubung melalui jaringan komputer yang dapat diakses melalui jaringan
komputer lainnya. E- commerce mengizinkan anda untuk menjual produk-produk
secara online. Salah satu yang mulai di gemari oleh para konsumen dalam mencari
produk-produk yang di inginkan adalah Iklan online. Seiring perkembangan teknologi,
Pola hidup Masyarakat juga mengalami perubahan, Apalagi setelah adanya internet.
Kalau sebelumnya orang mencari berita hanya lewat majalah, Koran, Radio atau
televisi, Dewasa ini tidak sedikit orang mencari berita atau info melalui
jaringan internet. Karena semakin banyaknya orang yang menggunakan jaringan
internet, Ini berpengaruh besar terhadap pola dan strategi periklanan atau
promosi. Sering kita menemukan iklan pada web atau dalam bentuk lain saat
pengguna jaringan internet inilah yang
disebut Iklan online atau Online
Advertising.
Iklan online atau Online
Advertising adalah: Info atau pesan yang disampaikan kepada khalayak umum
dengan tujuan untuk mengenalkan, Mengajak, Membujuk agar khalayak umum atau
Masyarakat ikut pada suatu ajakan tertentu yang terpasang dan bisa terlihat
pada jaringan internet. Info atau pesan bisa berupa produk, Perusahaan atau
gagasan. iklan
online adalah cara mempromosikan sebuah produk di Internet dengan menggunakan
berbagai fitur Internet. Dengan kedatangan internet, dunia bisnis telah menjadi
digital dan orang lebih suka membeli barang-barang secara online, yang lebih
mudah dan lebih cepat. Iklan online atau dikenal sebagai e-iklan memberikan
dimensi baru dan daya tarik yang unik untuk produk, yang merupakan keuntungan
tambahan.
2.
Manfaat
Iklan Online dalam Bisnis
Manfaat iklan yang terbesar adalah
membawa pesan yang ingin disampaikan oleh produsen kepada khalayak ramai. Nilai
ekonomis suatu iklan sangat tergantung pada daya jangkau media yang digunakan.
Iklan membantu produsen menimbulkan kepercayaan bagi konsumennya. Manfaat utama
dari Pasang Iklan online lebih dari bisnis offline adalah keuntungan moneter,
yang tidak dapat diperoleh secara lokal. Hal ini menyebabkan kemajuan besar
dalam bisnis, yang merupakan tujuan akhir dari setiap pengusaha. iklan Online
menawarkan spektrum yang luas dari pengakuan, yang tak tertandingi untuk setiap
modus lain dari iklan.
Yang pertama manfaat dari iklan
diinternet adalah si pembuat iklan yang websitenya akan di optimasi akan
kebanjiraan banyak pengunjung, selain itu iklan diinternet juga nyaman. Selain
itu biaya iklan diinternet lebih efektif dan lebih murah dibandingkan membuat
iklan dimedia cetak.
Berkat adanya iklan diinternet, kita mendapatkan jangkuan pelanggan di seluruh
dunia dalam waktu yang sebentar. Manfaatkan iklan internet untuk memberikan
perusahaan visibilitas yang besar serta meningkatkan pendapatan bisnis Anda. Iklan
online tidak memiliki keterbatasan waktu. iklan Online mengurangi biaya
transaksi dan memberikan kontribusi terhadap laba perusahaan dan aman dalam
persaingan terhadap pemasaran internasional. Pemilik jauh lebih puas karena
bisnis aman lebih bermanfaat dan dapat diandalkan.
3.
Tehnik
Menjaring Pembeli melalui Iklan Online.
Iklan Online memberikan respon
langsung, sehingga menguntungkan baik bagi konsumen dan penjual. Banner iklan menggambarkan
dalam bentuk gambar dan sering dilihat di situs lalu lintas tinggi dan juga
memberikan hyperlink kembali ke situs pengiklan. Harga bervariasi sesuai dengan
jumlah iklan yang ditampilkan. Sponsor iklan lebih besar kemudian banner iklan
dan mengandung cukup banyak teks dan ditempatkan pada ezines atau newsletter
online. Harga bervariasi sesuai dengan jumlah pembaca newsletter.
Layanan dari badan iklan online
telah membuat mereka untuk menjalankan kampanye dengan cara yang efektif dan
lebih layak. Hal ini juga membantu para pemasar untuk mengawasi kinerja
kampanye iklan, yang tidak mungkin dalam jenis media lainnya. Hal ini
memungkinkan mereka untuk memodifikasi kampanye dengan menganalisis data
sehingga menargetkan pelanggan. Agen iklan online menjamin jangkauan yang luas
para penonton melalui server iklan pusat karena menggunakan jaringan iklan
online. Ada beberapa cara mempromosikan barang yang akan di perjualbelikan
melalui iklan online anatara lain:
a)
Melalui
iklan baris di website.
Kita
bisa menggunakan media iklan baik yang berbayar maupun gratis untuk memasang
banner/iklan baris di alamat-alamat di bawah ini,
-
www.iklanbaris.co.id
-
www.bekas.com
-
www.forumiklan.com
-
www.pondokiklan.com
-
www.iklanbarisplus.com
-
www.webiklan.com
-
www.iklanwebid.com
-
www.iklanhouse.com
-
dll.
b)
Melalui
blog/website.
Jika
kita sudah memiliki blog/website, bisa menuliskan artikel tentang produk kita
dapat menyisipkan link URL untuk mengenalkan produk, juga bisa menampilkan baner (gambar) di
blog/website kita sendiri.
c)
Melalui
Google Adwords atau PPC Lokal
Cara
ini bisa digunakan jika kita sudah expert dalam hal internet marketing, tapi
tidak ada salahnya jika mencoba untuk bermain di pasar lokal. Cara ini
diperlukan biaya untuk bisa melakukan promosi. Tapi jika kita sudah paham betul
tentang internet marketing maka cara inilah yang sangat kami rekomendasikan. Beberapa
perusahaan dibawah ini cukup membantu dalam mendatangkan pengunjung yang
tertarget. Dan berikut ini adalah nama-nama perusahaan penyedia layanan promosi
PPC lokal:
·
www.kliksaya.com
·
www.ppcindo.com
·
www.kumpulblogger.com/advertiser.php?mn=advertiser
·
www.adsentra.com
·
www.adsensecamp.com
·
www.google.com/adwords
Kita
hanya perlu melakukan proses pendaftaran dan pembayaran sekali ketika
menggunakan media diatas. Yang membuat nyaman ialah kegiatan promosi
menggunakan iklan berbayar bisa dikerjakan tanpa harus meninggalkan pekerjaan
utama di rumah maupun. Karena ketika menggunakan adwords/PPC Lokal hanya proses
di awalnya saja yang membutuhkan waktu. Setelah berjalan, tinggal memonitor
saja iklan-iklan yang dipasang di google adwords/PPC Lokal dan ini hanya
membutuhkan waktu 15-30 menit setiap harinya.
4.
Analisa
SWOT bisnis online melalui iklan online.
·
Strength
(kelebihan /kekuatan)
a)
Iklan
online ini sangat mudah diakses dalam hal mendaftar,menjual ataupun membeli.
b)
Gampang
ditemukan di search engine (memiliki page rank yang tinggi).
c)
Tampilan
dan toolbar mudah dipahami mulai dari kategori sampai keterangan-keterangan
yang lain.
d)
Lebih
mudah dalam memperomosikan barang yang di perjualbelikan.
e)
Iklan
online tidak memiliki keterbatasan waktu. Iklan Online mengurangi biaya
transaksi dan memberikan kontribusi terhadap laba perusahaan dan aman dalam persaingan
terhadap pemasaran internasional. Pemilik jauh lebih puas karena bisnis aman
lebih bermanfaat dan dapat diandalkan.
f)
iklan
Online memberikan respon langsung, sehingga menguntungkan baik bagi konsumen
dan penjual.
·
Weaknes
(kelemahan)
a)
Iklan
online rawan penipuan,
b)
Terkadang
banyak pelanggan yang pura pura membeli atau sengaja memesan tetapi tidak jadi
membeli.
c)
Adanya
sebagian orang yang masih awam dengan iklan online.
·
Opportunities
(peluang)
a)
Membangun
loyalitas konsumen
b)
Mengingatkan
manfaat dari produk atau jasa yang ditawarkan
c)
Membangun
dan mempertahankan identitas perusahaan
d)
Meningkatkan
reputasi perusahaan
e)
Mendorong
konsumen untuk membeli lebih banyak
f)
Menarik
konsumen baru untuk mengganti konsumen yang hilang
g)
Membantu
meningkatkan penjualan Mempromosikan dan memperkenalkan bisnis ke konsumen,
investor, dan pihak-pihak lainnya.
·
Threat
(Ancaman)
Adanya iklan lain yang menjual
barang dagangan yang sama dengan barang yang kita perjualbelikan.
5.
Penutup
Iklan online atau Online Advertising
adalah: Info atau pesan yang disampaikan kepada khalayak umum dengan tujuan
untuk mengenalkan, Mengajak, Membujuk agar khalayak umum atau masyarakat ikut
pada suatu ajakan tertentu yang terpasang dan bisa terlihat pada jaringan
internet. Info atau pesan bisa berupa produk, Perusahaan atau gagasan. Manfaat
iklan yang terbesar adalah membawa pesan yang ingin disampaikan oleh produsen
kepada khalayak ramai. Nilai ekonomis suatu iklan sangat tergantung pada daya
jangkau media yang digunakan. Iklan membantu produsen menimbulkan kepercayaan
bagi konsumennya.
Manfaat dari iklan diinternet
adalah si pembuat iklan yang websitenya akan di optimasi akan kebanjiraan
banyak pengunjung, selain itu iklan diinternet juga nyaman. Selain itu biaya
iklan diinternet lebih efektif dan lebih murah dibandingkan membuat iklan
dimedia cetak. Berkat adanya iklan diinternet, kita mendapatkan jangkuan pelanggan di seluruh
dunia dalam waktu yang sebentar. Manfaatkan iklan internet untuk memberikan
perusahaan visibilitas yang besar serta meningkatkan pendapatan bisnis Anda.
Iklan online tidak memiliki keterbatasan waktu. iklan Online mengurangi biaya
transaksi dan memberikan kontribusi terhadap laba perusahaan dan aman dalam
persaingan terhadap pemasaran internasional.
Ada beberapa cara
mempromosikan barang yang akan di perjualbelikan melalui iklan online anatara
lain: Melalui iklan baris di website, melalui blog maupun melalui Melalui
Google Adwords atau PPC Lokal. Iklan online merupakan cara yang eektif dalam
mempromosikan barang/jasa untuk di ketahui khalayak ramai dengan biyaya yang
murah.
0 comments:
Post a Comment